Rabu, 19 Januari 2011

Panduan Instalasi backTrack 4 Release 2

Backtrack adalah distribusi Linux yang khusus dibuat untuk keperluan keamanan, bisa digunakan untuk testing maupun untuk penetrasi.
Backtrack 4 R 2 ini berbasis Ubuntu, karena itu instalasinya mirip-mirip dengan Ubuntu, hanya saja tanpa langkah pembuatan user, karena user defaultnya adalah root.
Meskipun default backtrack adalah menggunakan commandline, anda bisa menggunakan GUInya dengan mengetik perintah startx setelah login. Anda akan mendapatkan desktop yang lumayan indah dengan KDE.
Langkah-langkah Instalasi pada Virtualbox
Saya menginstal backtrack di virtualbox untuk keperluan testing, karena sehari0harinya saya jarang menggunakan backtrack. Dengan di-install ke virtualbox, memudahkan saya menjalankannya tanpa boot dari cd atau jika sewaktu-waktu saya kelupaan membawa cdnya.
Download Backtrack
di situs lokal: http://kambing.ui.ac.id/iso/backtrack/ pada saat menulis ini saya mengambil bt4-r2.iso.
Setup Mesin baru di Virtualbox
pilih untuk boot dari iso yang barusan di download.
Boot backtrack dan masuk ke mode GUI
pada terminal ketikkan startx
Jalankan Script Instalasi
Jalankan script.sh dengan meng-klik ikonnya di desktop kiri atas.
Setting TimeZone
Silahkan pilih timezone yang sesuai
Setting Keyboard
Klik next saja, karena defaultnya sudah cocok, kecuali anda menggunakan keyboard layout negara lain seperti jepang misalnya.
Mempartisi
Karena kita installnya pada virtualbox dan tidak mau memikirkan pemartisian dan alokasi diskspace, langsung saja klik Next untuk menggunakan format default, menggunakan semua disk.
Ikhtisar Instalasi
Silahkan review sebelum instalasi, tapi hantam saja nextnya utuk melanjutkan sampai selesai dan ada perintah untuk reboot.
sekarang kita sudah memiliki backtrack 4 r2 di virtualbox kita. Login di terminal dengan username root password toor. Jalankan GUI dengan mengetikkan perintah startx.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites