Rabu, 02 Februari 2011

Pemrograman HTML

HTML(Hyper Text Markup Language) adalah sekumpulan simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag tadi memberitahu browser bagaimana menampilkan halaman web dengan lengkap kepada pengguna. Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya.
 
Untuk mempelajari Bahasa Pemrograman HTML ini anda hanya memerlukan:
  • Text Editor (Notepad, vi, emacs, dsb)
  • Macromedia Dreamweaver
  • Web Browser (Internet Explorer, Opera, FireFox, dsb)
Hanya dengan bermodalkan dua software bawaan Windows itu saja anda sudah dapat membuat website. Namun Notepad memiliki kekurangan yaitu tidak memiliki syntax highlighting (pewarnaan kode) sehingga relatif cukup menyulitkan.
 
Jika anda menggunakan notepad sebagai editor. Pastikan ketika hendak menyimpan file pilihan Save As Type-nya adalah All Files. Hal ini untuk menghindari tersimpannya script HTML sebagai file text biasa. Program HTML editor WYSIWG (What You See Is What You Get) adalah program HTML editor yang menyediakan interface seperti program pada Microsoft Word. Namun output yang dihasilkan berupa file HTML. Contoh program HTML editor yang bersifat WYSIWYG adalah Microsoft FrontPage, Macromedia Dreamweaver dan Adobe GoLive.
 
Kita asumsikan anda sebagai orang awam yang belum mengenal sama sekali HTML. Jika anda menggunakan program semacam ini dan hanya drag n drop saja tanpa mengerti kodenya maka sama saja anda tidak menguasai teknik pemrograman web secara nyata.
 
Ini akan mempersulit anda jika nanti anda mempelajari bahasa web progromming seperti  PHP. Oleh karena itu, dalam materi yang kita bahas dalam ebook ini menggunakan “Macromedia Dreamweaver” yang sifatnya hanya syntax highlighting.
 
Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa HTML(Hyper Text Markup Language) adalah simbol-simbol atau tag-tag yang dituliskan dalam sebuah file yang dimaksudkan untuk menampilkan halaman pada web browser. Tag-tag HTML selalu diawali dengan <x> dan diakhiri dengan </x> dimana x tag HTML seperti b, i, u dan sebagainya. Namun ada juga tag yang
tidak diakhiri dengan tanda </x> seperti tag <br>, <input> dan lainnya.
 
Sebuah halaman website akan diapit oleh tag <html>……</html>. File-file HTML selalu berakhiran dengan ekstensi *.htm atau *.html. Jadi jika anda mengetik sebuah naskah dan
menyimpannya dengan ekstensi *.html maka anda membuat file yang berformat HTML.
 
Ada beberapa tag yang memilki atribut didalamnya, seperti tag <font>, <table>, <input> dan sebagainya. Pada tag font ia memiliki beberapa atribut diantaranya atribut: color, size, face. Untuk lebih memahami atribut lihatlah contoh berikut ini.
<font color=”red” face=”Arial” size=”12”>Ini Font Arial berwarna merah dan berukuran 12 pt</font>
hasilnya Font Arial berwarna merah dan berukuran 12 pt
  • Atribut color digunakan untuk menentukan warna tulisan.
  • Atribut face digunakan untuk menentukan jenis huruf.
  • Atribut size digunakan untuk menentukan ukuran huruf.
Jika anda lihat bahwa atribut color berada pada awal, lalu yang kedua adalah face dan yang terakhir adalah size. Anda tidak perlu memperdulikan urutan atribut tersebut karena browser hanya membaca isi dari properi bukan urutan atributnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites